18 Agustus 2011

Memisahkan Objek Dari Background

info Photoshop: Memisahkan Objek Dari Background
Halo semua, alhamdulillah kali ini tutorial-designphotoshop.blogspot.com ( GURU SAYA ) / masih diberi kesempatan untuk membuat dan berbagi tutorial lagi.

Pada kesempatan kali ini tutorial-designphotoshop.blogspot.com ( GURU SAYA ) akan membuat tutorial tentang Memisahkan Objek Dari Background


Pernahkah anda ingin mengambil obyek gambar tanpa mengikutsertakan background-nya?
Disini saya akan mengulas salah satu cara untuk memisahkan sebuah gambar objek dengan background nya yaitu dengan magnetic lasso tool. ok kita langsung saja ya..
Buka gambar yang akan dipisahkan objek dari background nya,


Lalu duplikat layer tersebut, hal ini dilakukan agar gambar asli tidak ikut rusak karena kita bekerja dengan duplikatnya. Duplikat layer dengan cara klik kanan pada background lalu pilih duplicate layer


Setelah layer telah terduplikat, jangan lupa non aktifkan layer background dengan meng klik icon mata pada layer. Lalu kita pilih magnetic lasso tool, kemudian klik untuk memulai dan gerakan mouse hingga mengelilingi bentuk objek sampai seluruh objek tertutup, dan timbul area seleksi yang di batasi oleh garis putus putus (Marching Ants). Dalam menggunakan magnetic lasso tool, terkadang memang titik titik seleksi tidak mengelilingi objek dengan sempurna, namun kita akan memperbaikinya nanti


Setelah anda menutup seluruh objek dengan magnetic lasso tool, anda lihat area seleksi yang tidak sempurna. Beberapa bagian tidak menutupi objek dengan sempurna. Lalu untuk memperbaikinya kita akan menggunakan quick mask yaitu dengan menekan tombol Q. Darisini kita bisa tahu letak kesalahan yang ada pada seleksi objek.


Secara umum terdapat 2 kesalahan yang terjadi, yaitu seleksi melebihi objek dan seleksi kurang menutupi objek. Kita dapat memperbaiki ini satu persatu.

Pertama-tama pastikan foreground dan background masing-masing tersetting dengan warna hitam dan putih.
Foreground hitam berfungsi untuk menghapus area dalam quickmask, sedangkan foreground putih berfungsi untuk menambah area quickmask.


Untuk memperbaikinya kita akan menggunakan eraser lalu setting bentuk brushnya denganbrush yang soft. kali ini saya akan menggunakan soft rounded, lalu setting opacity ke nominal 7%. Gunakan ukuran brush yang kecil sehingga detail objek juga terjaga.


Dalam kasus kelebihan area quickmask, kita menggunakan foreground warna hitam dan sapukan di area yang kelebihan quickmask. Begitu juga sebaliknya, bila kekurangan area quickmask kita dapat menggunakan warna putih.

Lalu sapukan hingga quickmask menutupi sempurna pada objek seperti gambar di bawah


Untuk memperhalus bagian bagian yang tepi yang masih bergerigi, kita akan gunakan gaussian blur. Klik menu filter>blur lalu pilih gaussian blur, dan setting dengan bilangan pixel yang kecil saja jadi tidak terlalu blur.


setelah itu, lalu tekan tombol Q lagi pada keyboard sehingga nampak objek terseleksi dengan sempurna


Untuk membuat background hilang, kita harus menghapus bagian diluar seleksi objek, maka itu kita perlu membalikan seleksi dengan menekan ctrl+shift+i , jika sudah lalu kita tekan del ataupun backspace.
Maka jadilah objek terpisah dari background.


Cukup mudah bukan?
Namun teknik ini hanya digunakan bila objek tidak terlalu rumit. Untuk memisahkan objek yang rumit kita perlu menggunakan teknik lain serti cara memakai pen tool. Dan itu akan kita bahas selanjutnya.

Tertarik? jangan lupa share atau +1 dan tunggu tutorial berikutnya dari tutorial-designphotoshop.blogspot.com/
Salam Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Society`

Blog of People Society